14 Januari Diperingati Hari Apa? Simak Jawabannya di Sini.

14-Januari-Diperingati-Hari-Apa

Tanggal 14 Januari diperingati hari apa? Rupanya tidak banyak peringatan besar yang terjadi pada tanggal tersebut. Satu-satunya perayaan besar pada tanggal tersebut adalah Hari Layang-layang Internasional.

Terdengar menyenangkan, artikel berikut ini akan membahas tentang Hari Layang-layang Internasional dan Hari Logika Sedunia sebagai jawaban atas pertanyaan 14 januari diperingati hari apa.

14 Januari Diperingati Hari Apa?

14-januari-diperingati-hari-apa

14 Januari merupakan hari ke-14 dalam sistem kalender Gregorian yang paling umum digunakan di dunia saat ini. Tanggal tersebut tentu menyimpan banyak peristiwa, kelahiran dan kematian tokoh penting, bahkan hari raya.

Namun, tidak banyak hari peringatan yang terjadi pada 14 Januari, selain Hari Layang-layang Internasional dan Hari Logika Sedunia. Berikut pembahasannya.

  1. Hari Layang-layang Internasional.

Layang-layang yang umum ada di Indonesia, dibuat dengan menggunakan sebilah bambu dan juga beraneka ragam kertas minyak aneka warna. Kegiatan yang tergolong unik ini, bermula sejak zaman dahulu kala sebagai salah satu hobi untuk para bangsawan. Walau dalam sekian periode justru menjadi sebuah festival yang terbuka untuk siapa saja.

Di sisi utara Gujarat, tepatnya di Kota Ahmedabad, adalah asal muasal hari layang-layang. Tidak mengherankan kalau mereka memiliki beberapa nama lain di India. Dalam bahasa Hindi, festival layang-layang tersebut diberi nama Uttarayan, sedangkan di daerah lain di negara India, diberi nama Makar Sankranti.

Peringatan ini biasanya dilakukan untuk merayakan pergantian musim, dari dingin ke panas, termasuk juga sebagai tanda bahwa panen harus segera dilakukan. Layang-layang yang diterbangkan dalam festival, diyakini merupakan representatif dari roh para dewa yang mulai terbangun dari hibernasi yang dilakukan.

Berdasarkan yang ditulis dalam website National Today, festival layang-layang internasional pertama kali diadakan pada tahun 1989. Walaupun kita tidak sedang berada di Gujarat, tapi perayaan Hari Layang-layang Internasional tetap bisa dilakukan dengan membuat dan menerbangkan layang-layang.

  1. Hari Logika Sedunia.

UNESCO merupakan badan yang mengesahkan Hari Logika Sedunia pada tahun 2019. Namun, pencetus ide sebenarnya adalah Logica Universalis Association. Tanggal 14 Januari sengaja dipilih sebagai bentuk apresiasi kepada Kurt Gadel dan Alfred Tarski, dua ahli logika paling terkemuka di abad ke-20.

World Logic Day ini memang berfokus pada logika berpikir pada manusia. Sedangkan, tujuannya adalah memacu kerjasama dan mempromosikan perkembangan logika, dalam penelitian maupun proses belajar mengajar.

Selain peringatan yang akan dirayakan setiap tahun sekali, ada juga berbagai peristiwa mengagumkan yang perlu diingat demi mempertahankan sejarah.

Salah satunya adalah ditemukannya alat musik klarinet yang diciptakan di Jerman. Selain itu, ada Roald Amundsen dan tim yang berhasil mendarat di Kutub Selatan.

Selain berbagai hari besar yang telah disebutkan, 14 Januari juga diperingati karena peristiwa tragis yang pernah melanda Indonesia, yaitu tragedi bom Sarinah yang terjadi di tahun 2016. Seolah tidak cukup sampai di sana, peristiwa tersebut disertai oleh baku tembak antara pihak kepolisian dan terduga pelaku terorisme yang menewaskan hingga tujuh orang.

Kejadian mengenaskan lain pada 14 Januari adalah berbagai perang, seperti perang revolusi Amerika Serikat, perang kemerdekaan Yunani, juga Perang Dunia II yang berlangsung selama bertahun-tahun. Selanjutnya, 14 Januari pernah bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Islam 1395 H dan juga Maulid Nabi 1435 H. Tentunya hal semacam ini tidak akan terjadi lagi untuk waktu yang sangat lama.

Demikian adalah penjelasan tentang tanggal 14 januari diperingati hari apa untuk diketahui bersama.

Related posts